Native Deen, Yusuf Islam dan Zain Bikha

Anggota Native Deen

Anggota Native Deen

Sekitar bulan Mei 2008, saya mengunjungi pameran buku di KL (Kuala Lumpur). Tujuan utama adalah mencari novel Ayat-Ayat Cinta. Masak novelnya sudah beredar tiga tahun lalu, baru sekarang membelinya. Ketinggalan jaman benar saya ini. Setelah baca novel ini, tidak rugi mengeluarkan uang untuk membelinya. It’s awesome. Selain novel tersebut, saya juga membeli beberapa CD lagu-lagu Islam dari group Native Deen, Yusuf Islam dan Zain Bhikha. Berikut ini sekedar resensi ringan dari ketiga CD-CD tersebut. Kebetulan saya menyukai semua lagu-lagunya.

Native Deen

Native Deen - Deen You Know

Native Deen - Deen You Know

Ok saya mulai dengan “Native Deen”. Tidak heran kalau jenis musik yang mereka pilih adalah hip-hop, karena mereka orang Afro-Amerika. Walaupun berirama hip-hop, tapi liriknya Masya Allah, bagus sekali untuk dihayati. Saya suka dengan lirik-lirik Native Deen karena yang langsung ke tujuan, tidak puitis istilahnya. Menurut saya malah lirik sejenis itu yang langsung dimengerti oleh pendengar tanpa bersusah payah untuk mengetahui apa maksudnya. Beberapa lagu favorit saya di antaranya adalah Deen You Know, Small Deeds, dan For The Prophets. Berikut ini adalah video Small Deeds yang menasihatkan kita supaya tidak menganggap remeh segala amal kecil-kecil yang kita buat, misalnya saja menolong orang yang mobilnya mogok di jalan, memindahkan pecahan kaca dari tangga, berbicara lemah-lembut dengan ibu kitda, dan banyak lainnya.

Album terbarunya dari Native Deen adalah Not Afraid to Stand Alone. Berisikan lagu-lagu berirama R&D dan Hip-Hop. Silakan dinikmati lagunya dalam video klip berikut ini.

Yusuf Islam – I Look I See 2

Yusuf Islam - I Look I See 2

Yusuf Islam - I Look I See 2

Sudah pernah dengar lagu-lagu dari album I LOOK, I SEE 1? Baguskan lagu-lagunya? Entah berapa kali saya belikan kasetnya untuk diberikan kepada saudara-saudara saya di Banda hanya karena mereka sempat mendengar sekilas di mobil saya. Nah album terbaru Yusuf Islam – I Look O See 2 juga tidak kalah bagus dengan album pertamanya. Anak-anak saya sangat suka dengan Ramadhan Moon, Upsy Daisy, dan Shaytan. Saya sendiri sangat menikmati Tala’al Badru Alayna dengan aransement baru dari Yusuf Islam. Silakan ke website berikut ini untuk mendengar cuplikan lagunya:

Yusuf Islam, Friends & Children – I LOOK, I SEE 2

Zain Bikha

Zain Bikha - Allah Knows

Zain Bikha - Allah Knows

CD terakhir yang sangat menarik untuk di dengar adalah albumnya Zain Bikha terbaru. Zain Bikha ini penyanyi nasyid dari Afrika Selatan. Uniknya album ini karena ada dua versi lagunya, yang menggunakan alat musik dan yang tidak ada sama sekali. Isi albumnya sangat variatif. Ada lagu anak-anak. Ada lagu hip-hop yang dibawakan oleh Rashid Bikha dan juga lagu untuk orang dewasa. Anak saya suka sekali dengan lagu My Mum is Amazing, Pizza In His Pocket, dan Flowers are Red. Judul albumnya adalah “Allah Knows”. Sedangkan barisan penyanyinya adalah Zain Bhikha, Dawud Wharnsby Ali, Abdul Malik Ahmad (Native Deen), Rashid Bhikha (anaknya ZAin Bikha) dan Naadira Alli.

Berikut klip menarik yang dinyanyikan oleh Rashid Bikha yang berjudul “Can’t You See – Stay Away From Drugs”. Lagu mengisahkan persahabatan dua orang anak manusia. Namun yang anak yang satu lagi terjebak dengan “drug” hingga meninggal. Betapa sedihnya kawannya yang ditinggal itu. Dia sudah berusaha mengingatkan temannya suapaya jangan nge “drug”. Tapi apa daya, semuanya sudah terlambat.

Bagaimana pendapat anda setelah mendengar lagu-lagu dari album tersebut?

Resensi musik lainnya:

Saleum Group – Nasyid Aceh

Leave a comment