Apakah ‘Umar Al-Khattab Pembuat Bid’ah?

Dzikir Beramai-Ramai Setelah Sholat

Dzikir Beramai-Ramai Setelah Sholat

Sebenarnya apa sih sholat tarawih itu? Apakah sholat tarawih itu bisa dianggap sholat sunat malam hari atau tidak? Untuk menjawabnya mari kita rujuk kepada pendapat para ulama? Loh kenapa harus merujuk para ulama? Kita kan bisa juga baca hadith terus mengambil kesimpulan dari hadith itu. “No way man”! Kita yang orang awam ini tidak ada ilmu untuk mensyarah hadith-hadith. Oleh sebab itu mari kita simak apa kata para ulama-ulama.

Muhammad bin Nashr al-Mawarzi rahimahullah (294H) di dalam kitabnya Qiyam al-Ramadhan menyatakan bahwa sholat tarawih hanya sholat sunat biasa. Itu kata ulama tempo dulu. Bagaimana dengan pendapat ulama yang mendekati jaman kita ini? al-Syaukani rahimahullah (1252H) dalam kitabnya Nail al-Authar min Asrar Muntaqa al-Akhbar menyimpulkan bahwa menamakan sholat malam di bulan Ramadhan sebagai sholat tarawih tidak pernah ditunjuk oleh sunnah. Karena ketidaktahuan, lama-kelamaan sebagian orang menganggapnya sebagai sholat sunat khusus.

Tidak setuju dengan pendapat di atas? Tidak mengapa, saya tidak memaksa anda.

Kenapa saya memulai dengan pembahasan di atas? Hal ini dikarenakan ada yang menganggap bahwa Rasulullah SAW tidak pernah melakukan sholat tarawih berjamaah. Sebenarnya apa yang beliau lakukan adalah sholat sunat malam berjamaah di bulan Ramadhan. Tapi pada saat itu tidak muncul isilah tarawih. Apabila Rasulullah SAW melaksanakan sholat tarawih (sholat sunat di malam Ramadhan), adakalanya beliau melaksanakan secara berjamaah dan adakalanya secara sendiri di rumah (Shahih Sunan al-Nasa’i – hadis no: 1604 di dalam bab Sholat Malam pada bulan Ramadhan). Dalam hadith-hadith lainnya Rasulullah SAW pernah sholat tarawih berjamaah di mesjid hingga malam ketiga. Tapi malam keempat beliau tidak keluar lagi karena khawatir sholat tarawih akan difardukan oleh orang banyak (Shahih Muslim – Hadith no. 761 dan Shahih al-Bukhari – Hadith no. 2011).

Setelah membaca hadith-hadith di atas, adakah yang masih menganggap usaha ‘Umar untuk mengumpulkan orang-orang agar sholat tarawih berjamaah adalah sebuah bid’ah dalam agama atau apa yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai bid’ah hasanah?

Kalau bukan bid’ah, lalu kenapa ‘Umar menggelarnya dengan bid’ah? Kalau saya yang jawab nanti orang-orang pada tidak percaya. Kalau begitu saya ketengahkan pendapat al-Imam al-Syatibi (790H) dari kitabnya al-I’tishom yang mengatakan bahwa bid’ah yang dimaksud oleh ‘Umar adalah bid’ah dari pengertian bahasa bukan syarak. Umar mengatakan bid’ah karena sholat tarawin berjamaah pernah terjadi di jaman Rasulullah SAW, tapi kemudian dihentikan karena alasan-alasan yang telah disebutkan tadi. Tambahan pula sholat tarawih berjamaah tidak dilakukan di zaman Abu Bakar. Jadi kesimpulannya sholat tarawih berjemaah pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, tapi ianya adalah sunnah bukan wajib.

Hujah-hujah di atas sudah cukup untuk menjawab golongan-golongan yang hobi membuat bid’ah hasanah dengan alasan ‘Umar yang memulai membuat bid’ah sholat tarawih berjamaah. Sekali lagi hujah di atas hanya berlaku kalau sholat tarawih dianggap sebagai salah satu sholat sunnat malam di bulan Ramadhan. Kalau ada yang menganggap sholat tarawin berbeda dengan sholat sunat malam di bulan Ramadhan yang disebutkan di atas, mungkin benarlah anggapan orang bahwa ‘Umar lah yang pertama kali membuat bid’ah. Kalau sudah seperti itu jawabannya, ya saya menyerah. Lebih baik diam sajalah. Toh saya pun orang awam dalam ilmu agama.

Kalau mau mempelajari lebih mendalam disertai dalil-dalilnya, silakan dibaca e-books di bawah ini;

1. Bid’ah Hasanah: Istilah Yang Disalah Pahami oleh Dr. Mohd. Asri Zainul Abidin
http://www.hafizfirdaus.com/ebook/BidahHasanah/KataAluan.htm
2. Menelan Air Liur Tidak Membatalkan Puasa oleh Hafiz Firdaus Abdullah
http://www.hafizfirdaus.com/ebook/RisalahPuasa/new/index.htm

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: