Restoran Kandar Penang

Kalau sempat jalan-jalan ke Pulau Pinang atau kerennya Penang, jangan lupa untuk singgah ke rumah makan (restoran) Nasi Kandar. Apa-an tuh Nasi Kandar? Kenal dengan restoran Minang/Padang yang ada di seluruh Indonesia? Nah restoran Nasi Kandar pun konsepnya sama dengan Restoran Padang, tapi bedanya dimiliki oleh Mamak (India Muslim di Malaysia). Restoran Nasi Kandar ini bisa dijumpai di seluruh Malaysia, nggak tau ya kalau di Sabah atau Serawak. Tapi pusatnya di Penang.

Kalau udah disebut makanan India, maka yang terbayang adalah kari-karinya yang pekat dengan rempah-rempah. Betul bayangan itu. Jauh lebah pekat dari makanan Aceh yang dianggap paling banyak memakai rempah di Indonesia. So, kalau terbiasa makanan manis, seperti makanan Gudek, jangan coba-coba makan kari India. Dijamin komentarnya bakalan berbunyi kok seperti jamu rasanya ya? Betul nggak Munzir? Ingat nggak waktu ibuku masak sayur Pliu di Malang dulu? Terus sama bibi yang bantu masak itu, katanya kuah Pliu itu rasanya seperti jamu🙂

Jangankan orang Jawa, orang Aceh sendiri belum tentu suka dengan Nasi Kandar ini akibat rempah-rempahnya yang sangat pekat. Katanya terlalu banyak Jeura Engkot (Jintan Ikan). Eh, betul ngak artinya ni? Satu-satunya yang disukai orang Aceh (tidak semuanya) adalah masakan kuah putih (daging atau ayam) atau yang disebut Kuah Kurma”, karena rasanya mirip dengan kuah putih di Aceh.

Memang sih, tidak semua restoran Nasi Kandar itu enak, sama halnya tidak semua restoran Minang itu enak. Biasanya bagi aku yang sudah pengalaman makan berbagai macam kari India🙂, kari yang tidak enak biasanya rasanya agak pahit. Jadi kita suka pergi ke berbagai restoran Nasi Kandar untuk mencicipi menu-menu apa saja yang sedap. Biasanya menu-menu standar restoran Nasi Kandar itu terdiri dari:

  • Berbagai macam kari: kari ayam, kari lembu, kari kambing, dan kari kepala ikan. Biasanya setiap kari lebih dari satu jenisnya. Mungkin kari lembu sendiri bisa sampai tiga jenis.
  • Berbagai macam ayam: ayam madu, ayam merah, ayam goreng, dll.
  • Kepiting goreng, udang goreng, telur ikan kari yang besar-besar, sotong goreng, sotong kari, dll.
  • Nasi Briyani pada saat tertentu saja.
  • Nasi Lemak, biasanya pada pagi hari saja.
  • Berbagai macam roti canai: canai kosong, canai mentega, canai telur, canai sardin, canai pisang, dll
  • Murtabak ayam dan kambing.
  • Ayam Tandoori + roti naan dengan berbagai macam rasa. Roti naan biasa, naan garlik, naan mentega, dll.
  • Berbagai macam kebab India, seperti tika kebab, dll
Nasi Kandar Yang Lezat

Nasi Kandar Yang Lezat

Salah satu keunikan makan di restoran Nasi Kandar adalah, ketika memesan nasi dengan lauk-pauk, secara otomiatis si pelayan akan mencampur semua kuah kari kedalam nasi tersebut. Rasanya sangat eksotis karena pencampuran berbagai macam kuah kari tersebut. Makanya kalau restoran Nasi Kandar itu tidak enak, hasil pencampuran kuah kari itu malah membuat rasanya jadi agak pahit. Tapi kalau yang enak, eemmm jangan ditanya bagaimana rasanya, sungguh sedap.

Pernah sekali aku beli nasi Kandar dengan kuah yang campur aduk macam tu. Kebetulan ada seorang ibu dari Indonesia yang juga memesan nasi kandar juga. Beliau melongo melihat betapa cekatannya para pelayan itu mencampur semua kuah kari sedikit-sedikit kedalam nasi yang aku pesan. Karena tidak kuat menahan rasa penasarannya tersebut, si ibu bertanya kepada aku, apa bisa dimakan nasi yang dicampur aduk dengan berbagai macam kuah kari tersebut. Aku jawab, tentu saja, inilah keunikan makan di restoran nasi kandar.

Anak-anakku juga jadi ketagihan dengan kuah-kuah kari tersebut. Nasi yang dicampurkan dengan kuah kari tersebut, dilahap sampai tandas oleh mereka, walaupun kadang-kadang agak pedas, mereka tidak peduli. Oya, berlainan dengan nasi padang yang cenderung berasa sangat pedas pada bumbunya, tapi dengan rempah yang kurang dibandingkan dengan masakan Aceh, makanan dari restoran nasi kandar tidak berapa pedas (sedang-sedang aja), tapi bumbu rempah itu loh yang pekat.

Restoran Nasi Kandar

Restoran Nasi Kandar

Dari mana mereka mendapatkan bumbu-bumbu tersebut? Pada umumnya toke-toke nasi kandar itu mengimport bumbunya langsung dari India. Makanya rasa setiap restoran nasi kandar pasti ada perbedaannya. Wong bumbunya copyright begitu. Bagi orang Melayu atau Cina jangan coba-coba buka bisnis restoran nasi kandar, karena dijamin bakal bangkrut karena tidak tahu dimana beli bumbunya.

Berkat usaha nasi kandar ini, muslim india menduduki urutan nomor dua terkaya setelah cina di penang. Bagaimana tidak? Kebanyakan restoran nasi kandar itu buka 24 jam dengan LCD TV yang besar-besar untuk menarik pelanggan yang gemar nonton bola.

Ok, segitu saja oleh-oleh saya dari penang. Jangan lupa singgah ke Penang kalau ke malaysia. Nanti saya ajak makan ke restoran nasi kandar yang paling enak di pulan pinang. Dan juga turut mencoba kari kepala ikan? Kari kepala ikan? Apanya yang special? Kari kepala ikan dari Penang memang terkenal, karena tidak memakai santan untuk membuatnya, dan sekali lagi karena rempah-rempahnya yang cukup meriah. Biasanya sebagai kepala ikannya, mereka menggunakan kepala ikan kakap yang besar-besar. Emmm, lezatnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: